Surabaya Rek!

Wisata Surabaya | Surabaya Travel & Food Blog

Gudeg di Surabaya

| 1 Comment

Gudeg di Surabaya

Waktu traveling ke Jogja, sempat berpikir andai saja ada gudeg yang enak di Surabaya. Maklum Yogyakarta sebagai ‘surga’nya gudeg, jadi tentu tidak gampang mencari gudeg di Surabaya dengan patokan yang seenak di Jogja. Style’nya sendiri juga sudah sedikit dirubah, lebih disesuaikan dengan orang Surabaya yang lebih suka asin ketimbang manis.

Ada beberapa macam gudeg di Surabaya yang sudah dicoba penulis, tapi tidak semuanya cocok, kembali ke selera masing-masing orang yah. Campuran gudeg selain gudegnya sendiri yaitu sambal goreng krecek atau cecek, telur bacem, ayam suwir dengan sedikit kuah opor, dan sambal. Di bawah ini coba saya list TOP 3 gudeg di Surabaya versi penulis yang menurut selera saya ter-enak di Surabaya, semua punya keunikan masing-masing.

Gudeg di Surabaya

Gudeg Dupa

Gudeg Dupa

Best Krecek! (atau Cecek?)

Maaf kalo salah sebut, saya sendiri masih bingung antara krecek dengan cecek ini. Kalo nggak salah menurut teman dari Jogja, krecek itu sambal goreng kerupuk rambak dari kulit sapi, sedangkan cecek itu dari kulit sapi langsung yang tidak dijadikan kerupuk, jadi lebih terasa kenyal.

Gudeg Dupa di daerah Dukuh Pakis Surabaya merupakan langganan saya sejak dulu & setiap ke sini selalu makan nasi gudeg & ayam panggangnya yang enak banget. Meskipun terkenal dengan nama gado-gado Dupa, tapi gudeg ini sangat direkomendasikan menurut saya, dan terutama sambal goreng krecek atau cecek’nya yang besar dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera saya.

Harga per porsi: belum sempat tanya, tapi waktu saya makan di sana total Rp. 22.000,- untuk 1 porsi gudeg telur dengan es beras kencur.

Gudeg di Surabaya

Gudeg Bu Harman

Gudeg Bu Harman

Best Gudeg!

Kalo gudeg bu Harman di Waru, Pepelegi ini yang paling saya suka rasa gudeg’nya. Rasa manis yang pas, dengan tingkat keempukan gudeg dari bahan nangka muda yang cukup lembut tapi tidak sampai terlalu empuk, cocok dengan selera saya.

Harga per porsi: maaf lagi-lagi tidak mengingat harganya, tapi kalo tidak salah antara Rp. 15-20 ribu..

Gudeg di Surabaya

Gudeg Bu Toegijo

Gudeg Bu Toegijo

Cheap & BIG Portion!

1 porsi nasi gudeg suwir cuma Rp. 17 ribu saja, cukup enak, murah & terutama porsinya banyaaak! Lokasi yang pas di tengah kota daerah Kertajaya, dan ternyata nasi gudeg bu Toegijo ini sudah ada sejak tahun 1970 lhoo. Selain nasi gudeg juga banyak tersedia menu lainnya.

Jadi bagaimana dengan teman-teman Surabaya Rek? Apa ada referensi gudeg di Surabaya yang enak lainnya? Silahkan share di komen di bawah ini..

Author: Andy Kristono

Andy is an architect, who loves traveling & photography. He's also a travel blogger & travel book writer. Follow his Instagram: @archtravelfood & read: About Andy in SurabayaRek

One Comment

  1. Memang paling enak dan istimewa ya Gudeg Bu Toegijo kalau di Surabaya. Semua menu nya juara ! Mulai dari gudeg, krecek, rawon, garangasem sampai tahu dan tempe bacem nya juara !

Leave a Reply

Required fields are marked *.